jump to navigation

catatan kecil : mencoba memeriksa relay starter….. ;) Mei 12, 2011

Posted by dany :) in sekedar berbagi.
Tags: , ,
comments closed

hahaha...gambare maksa banget.. :mrgreen:

Mas bro…melanjutkan tentang masalah starter elektrik tempo hari,kini saya ingin lebih mendetail ke masing2 komponennya.
Yah walau baru tahu dikit2 kan lumayan jg kalee u/dibagi kesesama…kali aja kalo nemu lgsg buang… 🙂 eh…bs dimanfaatkan.
Oke mas bro,gambar kacau dan aneh tur wagu di atas adalah posisi pengecekan pad relay starter.Kalau yg belakangnya nggak usah dibahas,soalnya cm numpang mejeng :mrgreen:
Lgsg sj brather…Jika kita ingin mengecek relay starter,apa masih bagus atau tidak,pertama tama coba lepas dulu semua rangkaian kabel yg tersambung ke relay.Kemudian siapkan AVOmeter dan posisikan range selector swichtnya ke OHM.Setel jg nol ø corector ke posisi nol,yakni dg menghubungkan dua jarum tespennya.Jika sdh oke,cb cek gulungan spul relaynya.di gbr atas yg warna merah ma ijo.jika msh bagus,biasanya akan menunjuk skala tertentu.
Jangan lupa cek apa ada yg kontak body apa tdk,caranya ya tinggal mindah satu jarum testpen avonya yg ijo misalnya ke body,sementara yg merah tetap di spul.Jika jarum nggak bergerak berarti ok.
Selanjutnya cek jg lidah2 no/nc nya,gbr diatas warna pink :mrgreen: dan biru.
caranya musti memberi arus dulu pd gulungan spul relaynya.
Jika saat on tersambung dan off putus,berarti OK.
nb : mohon jgn ada pertanyaan ya qqq… :mrgreen:

Iklan