jump to navigation

lho…motorku kok nggak bisa di starter… Mei 16, 2011

Posted by dany :) in cerita.
Tags:
trackback

aki cap road runner:mrgreen:

Kejadian ini sebenarnya dah lama,tepatnya pas lebaran 2008,jd ya era mudik kampung:mrgreen:
Pagi2 lg mo jalan,setelah saya engkol pakai kick starter beberapa kali,motor tak starter…mungkin karena kondisi masih dingin setelah motor hidup….eh,mati lagi.
Lalu ku starter lg…daa…n..weik…mati…nggak ada bunyi ctik2nya sama skali di relay starter….wealah..ada apa to ini…
Yah…mau nggak mau engkol deh….duoh…badan kecil kayak saya,musti ngengkol bang tigor…capek deh…tapi untungnya,sekali engkol lgsg nyala.
Nah…saat itu aku berpikir,mungkin akinya lg kosong kali alias tekor,mangkanya tak pskai buat muter2 aja dulu,biasanya kalau dah gitu lak tar keisi.
Setelah saya pikir dah cukup,saya blk lg ke rumah.Motor tak matiin.Terus saya cb starter daa..nnnn…….tetep mati,nggak ada cetak ctiknya di relay.
Wela..pie iki,mau cek tegangan nggak mungkin,dirumah nggak ada AVO,mau ke bengkel,ya pd tu2p to…wong suasana lebaran.
Mau nggak mau te2p musti bongkar deh.Akhirnya ya tak buka tu kover samping kanan tempat aki.Tak liat sambungan kabel oke,sekering tak jumper u/sementara.Coba pencet swicht starter te2p nggak bunyi.
Dlm hati bingung sebenarnya,wah jgn2 relaynya yg rusak tuh…
hihihi…🙂 oke..ini alternatif terakhir,saya cb melepas kabel yg di terminal akinya…dua2nya,terus tak ampelas,kale aja itu penyebabnya.
Setelah selesai,kabel saya pasang lg dan jreeeee…nggg motor pun menyala…..
weleh2….ternyata rupanya ada kerak/karat yg menyebabkan arus dr aki nggak bs mengalir ke relay.So….mg berguna neh ceritaku buat mas bro semua….

Komentar

1. PakBambangNunggangJaran - Mei 16, 2011

apik apik apik

2. extraordinaryperson - Mei 16, 2011

pake aki MF om

3. dany :) - Mei 16, 2011

@pbnj…..nggih sae sae sae:mrgreen:
@extraordinaryperson….hehe..yayaya…waktu itu masih bawaan orsi pabrik


Sorry comments are closed for this entry

