jump to navigation

catatan kecil : belajar elektronika dasar ah ;) Mei 18, 2011

Posted by dany :) in catatan kecil tehnik.
Tags: , ,
trackback

kode warna resistor:mrgreen:

hihihi….😆 sedikit cenat cenut jika nginget ini kali ya.Aku sendiri sdh lama sekali nggak nyentuh itu komponen2 elektronik.Walau dulu sangat demen sekali,tp yah kalau sekarang sepertinya dah lupa2 ingat.Oleh karena itu,tulisan ini hanya saya jadikan sebagai catatan pengingat aja.
Di dunia biker,ada jg kan komponen2 elektroniknya walau nggak banyak………mbuuu..hhh…:mrgreen:
Oke saya mulai ya….
Komponen elektronika ada beberapa macam,yaitu :
1. resistor 2. kondensator 3. transformator 4. transistor 5. dioda 6. ic
Kali ini,saya ingin membahas tentang RESISTOR.yg lainnya tar ya…hihihihi…🙂
Resistor dibagi dua :
1. resistor tetap 2. resistor variabel
Resistor tetap terdiri dari :
-resistor biasa –> mempunyai tahanan & daya yg di tunjukkan pd tubuhnya.
-resistor metalik –> sama sj
-resistor semen –> mempunyai nilai tahanan & daya tertulis di badannya.biasanya warna putih.
-thermistor –> resistor yg hambatannya tergantung pada suhu.
Resistor variabel
-suatu resistor yg nilainya dpt diatur –> dibagi dua:mrgreen: :
1.logaritmik –> nilainya sebanding dg bilangan log
2.linier –> nilainya sebanding dg banyaknya putaran as-nya.
saya kira cukup sekian sambutan saya,eh catetan saya,semoga sedikit banyak ada gunanya:mrgreen::mrgreen:

