jump to navigation

catatan kecil : sekilas tentang pemeriksaan dynamo starter Mei 22, 2011

Posted by dany :) in catatan kecil tehnik.
Tags: ,
trackback

amatur

Seperti kita ketahui,motor2 sekarang pasti menggunakan starter elektrik u/menghidupkan mesinnya.Disamping hemat tenaga:mrgreen: starter elektrik jg mempermudah bg sang pengendara🙂
Seperti yg pernah saya tulis sebelumnya,secara tehnisnya,starter elektrik terdiri dari battery/accu,swicht starter,relay,fuse/sekering,engine stop(opsi),kunci kontak dan dynamo starter.
Dg menekan tombol starter akan memberi tenaga ke relay.Hal ini menyebabkan platina (saya mengistikahkannya no/nc) menutup yg mana ini menghubungkan arus dari battery ke relay.Dan selanjutnya meneruskannya ke dynamo starter.
Nah disini,saya ingin mengajak u/melihat lbh dekat dynamo starter dan pemeriksaannya.secara garis besarnya saja.
Dynamo starter terdiri dari rumah/casing yg di dlmnya terdapat magnet.Carbon brush/sikat karbon dan amatur.
Mengenai pemeriksaan casingnya,karena ini sangat jarang rusak,mungkin cukup dg melihat kondisi magnetnya.Oleh sebab tertentu,magnet ini bs terlepas.
Pemeriksaan berikutnya mungkin lbh ke carbon brushnya.Biasanya akan terjadi keausan/retak.ya tinggal ngganti to.
Selanjutnya pemeriksaan ke kumparan amaturnya.Periksa antar segmen,jika diantara segmen tdk berhubungan atau antara segmen dan as amatur berhubungan,maka terpaksa amatur musti diganti.Periksa jg mungkin karena cuma kotor.
Oke semoga berguna.Tulisan ini jg saya gunakan u/pengingat saya pribadi.
peace….😉😉

Komentar

1. #99 bro - Mei 22, 2011

Ngonku ra ketok..

dany :) - Mei 22, 2011

io…pol rapete jan…

2. extraordinaryperson - Mei 22, 2011
dany :) - Mei 23, 2011

makasih…😉


Sorry comments are closed for this entry

%d blogger menyukai ini: