jump to navigation

iseng : orat oret dg 2 relay ;) Mei 27, 2013

Posted by dany :) in catatan kecil tehnik.
Tags: , ,
trackback

permisi mas bro sedanten,nderek melu ngurek urek maleh😆 mugi saged migunani kagem kulo lan njenengan…..

saklar 2 relay

 rangkaian 2 relay ini bisa untuk swicht pengaman 


berawal dari denger2 motor temen ada yang akan di pinjem lingma,sambil ngopi suzu,saya coba iseng2 ngorat oret gambar skema di samping. nggak canggih banget seh,bahkan mungkin malah sudah ada yg bikin,tp yak ndak mama to….daripada mikir motor baru tp ga bisa beli:mrgreen: maap gambarnya mereng2😆 padahal perasaan waktu buat nggak mireng (klaim pribadi).
kalau ada yg salah,boleh dikoreksi kok……saya mulai sajah..
skema diatas,saya mencoba dgn menggunakan 2 relay.
cara kerjanya simpel sebenarnya :
1.s1 adalah saklar utama(kalau di motor ya kontak),s2 bisa saklar geser atau putar,yang nanti difungsikan untuk mengaktif/non aktifkan relay,sementara s3 adalah saklar push off (ditekan balik lagi)
2.kedua relay 12 volt 8 kaki,kalau merk jangan tanya ya:mrgreen: nggak apal je…
3.ketika saklar s2 dlm posisi seperti terlihat di gambar,dan s1 di ON kan,maka arus akan mengalir normal (hanya akan menghidupkan motor),sementara relay OFF semua.
4.namun ketika s2 digeser(s1 on),otomatis motor nggak akan bisa dihidupkan,sementara kedua relay akan akan aktif.aktifnya relay akan menghidupkan klakson langsung dari aki.sementara kabel klakson yg dari rangkaian normalnya akan terputus (di relay 2 ) u/menjaga adanya arus balik.jg sambungan yg dari kunci kontak.
5.nah disini relay 1 akan berfungsi ganda.disamping memberi arus ke relay 2 dan klakson,jg berfungsi untuk tetap mengunci alarm (klakson) tetap berbunyi,sekalipun s1 (kunci kontak) dan s2 di OFF kan.
6.untuk mematikan alarm cukup dg s3 (push off)
semoga ini akan memberi efek kejut,dan mengurungkan sang lingma untuk beraksi.namun semua ini tidak akan berfungsi,kalau motor langsung diangkat,terus dimasukkan ke bak mobil xixixi….😆
oya,s2 bisa diaktifkan setiap kita parkir…..
nb:saya belum nyoba😈 dan bagi yang mau coba,silakan saja…yang penting alon2 lan teliti,kalau takut ya kasih sekering.(mode ra tanggung jawab : on ):mrgreen:
mpun nggih,mugi2 migunani😉

%d blogger menyukai ini: