jump to navigation

iseng : main relay lagi u/pengaman motor (off pakai gigi perseneling) Februari 22, 2014

Posted by dany :) in catatan kecil tehnik.
Tags: ,
comments closed

Membaca berita yang di share oleh fanpage Devisi Humas Mabes Polri tentang begitu cepatnya aksi pencurian kendaraan bermotor,khususnya roda 2,saya jadi ikutan jengkel juga.
Divisi Humas Mabes Polri

Bagaimana tidak,motor yang kita beli dengan susah payah,diambil pencuri begitu saja.Mereka mungkin tidak pernah atau mau berpikir tentang bagaimana sulitnya kita memperoleh motor tersebut.Mereka hanya berpikir,bagaimana dapat mencuri motor dengan secepat mungkin.Bagi orang yang turah duit,mungkin bisa saja berpikir “ilang yo tuku eneh” :mrgreen: akan sangat berbeda,jika sang pemilik adalah orang yang hidup pas2an,mumeeeetttt…. itu pasti.
Saya sebenarnya punya sedikit ide,mungkin sesekali kita balas dengan sedikit pelajaran,walau sebenarnya efeknya bisa membahayakan si pencuri,tapi semoga kita nggak di anggap berdosa yah 😆
mari main relay lagi,tapi kalau salah maap ya,silakan di koreksi saja,wong saya juga belum pernah bongkar2 xixixi… ini hanya berdasar ilmu kira2 saja alias nga we er 😛

entah kenapa saya sangat senang dengan yang namanya relay.bentuknya yang sederhana namun sangat besar manfaatnya.kita bisa memodifikasinya untuk berbagai keperluan semisal pensaklaran atau lainnya.seperti gambar ini,saya pergunakan untuk mematikan motor saat gigi persneling di masukkan.kita bisa memanfaatkan  ground dari tiap indikator lampu percepatan pada motor kita,bisa di sambung/gabung di gigi 2 atau 3.sebisa mungkin jangan gigi 1,biar ada sedikit kejutan buat seseorang yang berusaha mencuri motor kita 😈 semoga nggak dianggap berdosa ya hi..hi..hi.. :mrgreen: sayang memang,rangkaian ini hanya berlaku bagi kendaraan yang ada indikator perpindahan giginya,tapi lumayanlah untuk sekedar iseng-iseng asah otak kita.sistem kerjanya simple sebenarnya,jika kita ingin mengaktifkan rangkaian ini,cukup dengan menekan saklar dpdt.ini kita lakukan setiap kita parkir.ketika ada seseorang yang berusaha mencuri motor kita dan berhasil membawa kabur,biarkan aja xexexe….(la pasti di biarkan wong kita nggak tahu kalo dibawa kabur 😛 ) ketika perpindahan gigi sampai pada kabel yang kita gabung,otomatis akan memberi arus negatif pada relay sekaligus mengaktifkannya.ini juga akan memutus arus pengapian pada motor,yang mengakibatkan motor jadi terhenti.bisa di bayangkan jika ia melaju kencang dan mendadak mesin mati,posisi gigi masih masuk…..bahaya kan…???? makanya jangan di pasang ini rangkaian ih..ih.. 😈 dan bagi pencuri,jangan mencuri dong,kerja yang halal aja,ingat anak cucumu bisa meniru lo

*selamat mencoba

Iklan

ealah…staterku mati lagi Februari 10, 2014

Posted by dany :) in sekedar berbagi.
Tags: , , , ,
comments closed

Kejadian ini sebenarnya sudah agak lama,bahkan sudah beberapa bulan yang lalu,namun karena waktu itu baru males nulis,yowes saiki wae mumpung lagi bolong atine :mrgreen: ,mungkin ada juga yang pernah ngalamin seperti saya dan belum ketemu masalahe,barangkali sebabnya ternyata sama,lumayan to..jadi ketemu sekarang 😆
dudukan carbon brush tigiSedikit cerita,suatu waktu,ketika dalam sebuah perjalanan dan terhenti karena lampu merah,motor saya mendadak mati.Reflek langsung jempol menekan saklar starter.Apes memang,karena mesin tidak bisa menyala,tapi hanya terdengar czzzz…..czzzzzzzzz……
Hingga lampu sudah berubah jadi hijau,mesin belum juga nyala,asem tenan og 👿 Karena dari belakang suara klakson saling bersautan,saya mengangkat tangan kanan,memberi isyarat silakan kalau mau mendahului.Lalu motor saya pinggirkan,mencoba menggunakan kick starter dan kebetulan langsung menyala.Di tempat peristirahatan,saya mencoba menstater lagi,dan bunyi masih sama…cuma czzzz….czzzz… (angel e le njelaske suarane hahah.. 😆 ) ”entar sajalah,kalau dah di rumah mbetulinnya”,pikirku 😛 (lebih…)

pasangmata.com di detikcom manteb oi… Februari 8, 2014

Posted by dany :) in Uncategorized.
Tags: , ,
comments closed

He…he.he.. 😆 entah sudah berapa lama ada,kalau kita membuka laman muka detikcom akan ditemui semacam media untuk menampilkan berbagai kejadian2 yang unik.
pasang mata detikJuga berbagai tempat2 yang kadang bikin kita kagum,tersenyum atau prihatin.Dan saya kira,ini juga sebenarnya bisa membuat beberapa orang/mungkin instansi tertentu akan merah mukanya,entah karena marah atau malu 😈
Ingin lebih gamblang mengenai pasangmata.com,coba tengok keterangan di bawah ini 🙄
PasangMata keteranganTapi awas ya,jangan sampai pas mau ngambil gambar tertentu,malah kalian yang diambil dulu oleh seseorang hahah….. 😆 kan nggak lucu kaleeee……. :mrgreen:

*kabur ah….

mengurangi suara brisik di rantai mbah tigor Februari 6, 2014

Posted by dany :) in sekedar berbagi.
Tags: , ,
comments closed

Bismillah…nyuwun ngapunten mbok enten lepate… :mrgreen:
Seperti sudah bukan menjadi rahasia lagi,bahwa rantai mbah tigor itu memang berisik.Walau sudah sering di kasih minyak rantai,perasaan tetep aja nggak ilang2 😛  Bahkan ketika saya mengira kurang senter dengan sproket depan dan berusaha untuk meluruskannya,sama sajah.Tapi seberapa berisiknya seh,hingga hampir semua bilang begitu…. (pokoknya  brisik bro….!!!!! tak jawabke dewe 😈 )
gear mbah tigorYoweslah..luweh…brisik yoben 🙂 Disini,saya hanya ingin sedikit berbagi bagaimana mengurangi suaranya supaya tidak terlalu keras (jadi tidak menghilangkan ya…),karena hampir semua motor yang saya temui,’yang ada rantainya’,perasaan juga berisik,apalagi yang jarang diberi pelumas,podowae…xixixi… 😈
Awal mulanya sih nggak sengaja saya menemukannya,entah ini yang terjadi hanya pada motor saya sendiri atau tidak,kurang tahu…saat itu,gear belakang mbah tigor,saya oglek-oglek (apa itu bhs indonesianya 😆 ) kok goyang, saya kira karet dumpernya yang pecah atau oblak,setelah di buka kok normal,tapi gear tetep goyang.usia mbah tigor waktu itu belum setahun,tapi kalau saat ini hampir 10 tahun hehe.. 😉
Setelah di cek lebih detil,sepertinya ada kelonggaran di bagian snapring beberapa mili,entah ini memang harusnya begitu apa tidak,nggak tahu saya ah..ah..ah.. 😆 Nah yang jadi sedikit musmet,bagaimana mengganjal gap yang relatif sempit itu.Untung ada seorang kenalan mekanik yang memberi saya ring seher (entah dari motor apa),untuk mengganjal dan pas tidak goyang lagi…dan ternyata itu lumayan mengurangi suara berisik di rantai.Tentu kekencangan rantai musti diatur sesuai aturannya,juga rutin memberi pelumas rantai serta posisi gear depan dan belakang selurus mungkin.
*semoga berguna 😉