jump to navigation

setelah hampir 5 thn,akhirnya ganti accu bro September 30, 2014

Posted by dany :) in cerita.
Tags: , , , , ,
comments closed

Bicara motor tuwek,sepertinya nggak habis-habis bro 😆 Dari hari ke hari addaa..ajah.Tapi ya gak apa-apa,malah itu seninya (padahal aslinya kepepet,mau ganti yang baru tapi tak mampu 3:) )

accu motor

accu motor

Pernahkah mas bro mengalami hal yang seperti saya alami…??? dimana pas mencoba menghidupkan kontak motor kita,semuanya tampak normal,baik lampu utama,sein,klakson,panel indikator kecuali starter elecktrik yang nggak berfungsi..??? hahahah…… 😆 pasti rodo mumet tenan.Sementara waktu di cek relay starter ok,carbon brush ok (malah sempat sampai saya ganti baru segala 😛 ),sambungan kumparan di motor starter jg ok,tapi tetep koit,nggak bisa di starter.Dan yang sedikit lebih membingungkan adalah karena suara klakson kentjank dan lampu utama nyala sangat terang alias terang bingiii..ttttt…. grrrrhhhh….!!!!! 😆
Kalau pernah mengalaminya,berarti saya tidak sendirian lagi hihihi…. 🙂 Saat itu,dalam hati saya sempat mencurigai accu yang kurang beres,tapi mosok to accu-nya.—-Selama beberapa hari saya terus mengira-ngira,la apaneee….???? 😛 —-tik tok tik tok tik tok (sambil pura2 terus mikir,biar dikira bisa mikir,padahal aslinya cenut-cenut  hehehe…. )
Perlu diketahui,saya ini bukan seorang mekanik,saya berani bongkar2 motor itu semata hanya karena milik sendiri.itupun hanya bongkar baut luarnya doang plus ngolor-olor kabelnya 😆 jadi ya gitu deh,lebih lama mikirnya daripada ngerjainya dan jika menghadapi sesuatu yang sudah terlalu bikin mumet,mau tidak mau jurus banyak tanyalah yang saya gunakan.Ya….tidak harus di ucapkan sih,biarkan saja orang lain ngidupin motor saya,lalu lihat dan denger reaksi dan ucapannya.Tentu ini dilakukan dengan seorang mekanik yang asli bukan gadungan kayak sayah hahaha…. (ojo dunekke gengsi ya,aku mik isin je)
Dan yang saya harapkanpun rupanya benar adanya,sesuai prediksi saya,sang mekanik mengatakan kalau acu-nya nggak kuat ngangkat.sayapun segera mengganti accu-nya dengan yang baru (sssstttt….saya menggantinya di tempat lain,golek sik murah xixixi…) dan jree..ngg starter elecktrikku nyala sampai sekarang.
Setelah di renungkan kembali,sepertinya ini memang kesalahan saya sendiri.Beberapa kali pernah teledor sampai air accu hampir asat,juga ada sambungan di soket yang berkarat karena kemasukan air.Walau saat itu sudah saya perbaiki sambungan soketnya dan diisi kembali air accunya,sepertinya sudah terlambat.Tapi ya nggak papalah,lumayan juga setelah hampir 5 tahun rupanya minta istirahat.
Demikian curhat dari saya mas bro,semoga bisa ngilingke masbro semua 😉 mengenai masalah mbetul2in sendiri tadi,sik penting usaha sik,nek wes mentok yo takon,mumpung masih banyak orang baik hati di dunia ini xixixi…. 😉

–guyon–

Iklan

pasang charger hp di motor (melu-melu) :-) September 26, 2014

Posted by dany :) in catatan kecil tehnik.
Tags: , , ,
comments closed

Setelah sekian lama nggak ngorat-oret blog,nyoba lagi ah….. mumpung lagi longgar atine 🙂 (padune maleeee……sss….. 👿 )
Kali ini hanya ingin sedikit berbagi mengenai pemasangan charger hp di motor mbah tiger saya.
charger di stang mbah tigerSebenarnya ini sudah saya pasang agak lama,namun karena dasarnya jari2 saya sedang kaku2 untuk menulis,yaaa ke pending terus 😛
Walau sekarang sudah eranya power bank,namun saya kira nggak ada salahnya tetep memakai charger yang sumbernya di ambil dari accu motor kita.Ini hanyalah opsi lain,yang saya kira tidak ada jeleknya untuk dicoba,mengingat ada sisi positifnya juga lo 😉 kita tidak akan pernah kehabisan arus walau dimanapun kita berada,tidak seperti power bank yang akan habis setelah beberapa kali untuk pengisian.Namun ini juga punya kelemahan,kita tidak bisa seenaknya nge-charge di sembarang tempat (di dalam toko atau warung makan misalnya hihihi…. 😆 #rapopo_to..??? )
skema sederhana charger  hpOk kita lanjutkan.Gambar di samping adalah skema sederhana rangkaian yang saya pakai.Tidak harus seperti itu seh,mas bro bisa berkreasi sesuka hati.Swicht itu saya pergunakan hanya supaya rangkaian charger tidak selalu teraliri arus listrik,walau di rangkaiannya juga sudah ada swicht on/off nya.Ini juga bisa berfungsi untuk menghindari tangan2 usil yang selalu penasaran saat motor kita parkir.
Pemasangan charger di stang memang riskan,karena saat hujan akan terguyur,namun kita bisa memilih jenis charger yang sudah anti air.(jangan tanya merk ya,ntar ndak dikira promosi xixixi…. 👿 ).
Sekian dolo mas bro…..semoga berguna….